Tuesday, January 20, 2009

Hukum administrasi negara

From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

Administrative law in the United States often relates to, or arises from, so-called "independent agencies"- such as the Federal Trade Commission ("FTC"). Administrasi hukum di Amerika Serikat sering berkaitan dengan, atau timbul dari apa yang disebut "lembaga independen" - seperti Federal Trade Commission (FTC). Here is FTC's headquarters in Washington DC FTC di sini adalah dari kantor pusat di Washington DC

Administrative law is the body of law that governs the activities of administrative agencies of government . Government agency action can include rulemaking , adjudication , or the enforcement of a specific regulatory agenda. Administrasi hukum adalah badan hukum yang governs kegiatan badan-badan administrasi pemerintahan. Badan Pemerintah dapat mencakup tindakan rulemaking, pengadilan, atau penegakan tertentu peraturan agenda. Administrative law is considered a branch of public law . Administrasi hukum dianggap sebagai cabang dari hukum publik. As a body of law, administrative law deals with the decision-making of administrative units of government (eg, tribunals , boards or commissions ) that are part of a national regulatory scheme in such areas as police law , international trade , manufacturing , the environment , taxation , broadcasting , immigration and transport . Sebagai badan hukum, administrasi hukum berkaitan dengan pengambilan keputusan dari unit administrasi pemerintahan (misalnya, tribunal, papan atau komisi) yang merupakan bagian dari nasional peraturan skema di wilayah seperti ini sebagai polisi hukum, perdagangan internasional, manufaktur, lingkungan , perpajakan, penyiaran, imigrasi dan transportasi. Administrative law expanded greatly during the twentieth century, as legislative bodies worldwide created more government agencies to regulate the increasingly complex social, economic and political spheres of human interaction. Administrasi hukum sangat diperluas pada abad kedua puluh, sebagai badan legislatif di seluruh dunia dibuat lebih instansi pemerintah untuk mengatur semakin kompleks sosial, ekonomi dan politik spheres interaksi manusia.

Taxation decisions are the decisions based on administrative law that are most often contested in courts. Perpajakan keputusan adalah keputusan yang berdasarkan hukum administratif yang paling sering contested di pengadilan. Civil law countries often have specialized courts, administrative courts , that review these decisions. Hukum perdata negara sering ada pengadilan khusus, administrasi pengadilan, yang meninjau keputusan tersebut.

Contents Isi

[hide]

[ edit ] Administrative law in common law countries [Sunting] Administrasi hukum umum dalam hukum negara

Generally speaking, most countries that follow the principles of common law have developed procedures for judicial review that limit the reviewability of decisions made by administrative law bodies. Secara umum, sebagian besar negara-negara yang mengikuti prinsip-prinsip umum hukum telah mengembangkan prosedur untuk yudisial review yang membatasi reviewability dari keputusan yang dibuat oleh badan hukum administrasi. Often these procedures are coupled with legislation or other common law doctrines that establish standards for proper rulemaking . Ini sering digabungkan dengan prosedur perundang-undangan atau hukum umum doktrin yang tepat untuk menetapkan standar rulemaking. Administrative law may also apply to review of decisions of so-called semi-public bodies, such as non-profit corporations , disciplinary boards, and other decision-making bodies that affect the legal rights of members of a particular group or entity. Administrasi hukum juga dapat berlaku untuk review keputusan dari apa yang disebut semi-badan publik, seperti perusahaan nirlaba, disiplin papan, dan badan-badan pengambilan keputusan yang mempengaruhi hak-hak hukum anggota kelompok tertentu atau kelompok tertentu.

While administrative decision-making bodies are often controlled by larger governmental units, their decisions could be reviewed by a court of general jurisdiction under some principle of judicial review based upon due process (United States) or fundamental justice (Canada). Sedangkan administrasi keputusan badan sering dikontrol oleh unit pemerintahan yang lebih besar, mereka keputusan dapat ditinjau kembali oleh pengadilan umum yurisdiksi di bawah beberapa prinsip yudisial review berdasarkan proses (Amerika) atau asas keadilan (Kanada). Judicial review of administrative decision, it must be noted, is different from an appeal. Judicial review terhadap keputusan administrasi, harus dicatat, berbeda dari banding. When sitting in review of a decision, the Court will only look at the method in which the decision was arrived at, whereas in appeal the correctness of the decision itself will be under question. Ketika duduk di review keputusan, Pengadilan hanya akan melihat metode yang telah tiba pada keputusan, sedangkan di banding yang benar dari keputusan itu sendiri akan di bawah pertanyaan. This difference is vital in appreciating administrative law in common law countries. Perbedaan ini sangat penting dalam appreciating administrasi umum hukum dalam undang-undang negara.

The scope of judicial review may be limited to certain questions of fairness , or whether the administrative action is ultra vires . Lingkup yudisial review mungkin terbatas pada beberapa pertanyaan tentang keadilan, atau apakah tindakan administratif adalah ultra vires. In terms of ultra vires actions in the broad sense, a reviewing court may set aside an administrative decision if it is unreasonable (under Canadian law, following the rejection of the "Patently Unreasonable" standard by the Supreme Court in Dunsmuir v. New Brunswick ), Wednesbury unreasonable (under British law), or arbitrary and capricious (under US Administrative Procedure Act and New York State law). Dalam hal tindakan ultra vires dalam arti luas, sebuah pengadilan meninjau Mei menyisihkan sebuah keputusan administrasi jika sudah keterlaluan (di bawah undang-undang Kanada, menyusul penolakan dari "dgn terang-terangan keterlaluan" standar oleh Mahkamah Agung dalam ayat Dunsmuir New Brunswick) , Wednesbury keterlaluan (di bawah hukum Inggris), atau sewenang-wenang dan bercanda (di bawah US UU Prosedur Administrasi dan New York State hukum). Administrative law, as laid down by the Supreme Court of India , has also recognized two more grounds of judicial review which were recognized but not applied by English Courts viz. legitimate expectation and proportionality . Administrasi hukum, seperti diungkapkan oleh bawah Mahkamah Agung India, juga dikenal dua dasar dari yudisial review yang diakui namun tidak diterapkan oleh Pengadilan yaitu Bahasa Inggris. Harapan sah dan sebanding.

The powers to review administrative decisions are usually established by statute, but were originally developed from the royal prerogative writs of English law , such as the writ of mandamus and the writ of certiorari . Kewenangan untuk meninjau kembali keputusan administrasi biasanya ditetapkan oleh undang-undang, tetapi pada awalnya dikembangkan dari kerajaan hak istimewa writs bahasa Inggris hukum, seperti yang tertulis dari mandamus dan surat dari certiorari. In certain Common Law jurisdictions, such as India or Pakistan , the power to pass such writs is a Constitutionally guaranteed power. Dalam tertentu Common Hukum yurisdiksi, seperti India atau Pakistan, melalui kuasa seperti writs adalah sesuai dgn keadaan badan dijamin daya. This power is seen as fundamental to the power of judicial review and an aspect of the independent judiciary . Kuasa ini dianggap sebagai dasar untuk kuasa yudisial review dan aspek independen peradilan.

[ edit ] United States [Sunting] Amerika Serikat

In the United States , many government agencies are organized under the executive branch of government, although a few are part of the judicial or legislative branches . Di Amerika Serikat, banyak instansi pemerintah yang diselenggarakan di bawah cabang eksekutif dari pemerintah, walaupun beberapa merupakan bagian dari peradilan atau legislatif.

In the federal government , the executive branch, led by the president , controls the federal executive departments , which are led by secretaries who are members of the United States Cabinet . Dalam federal pemerintah, eksekutif, dipimpin oleh presiden, mengendalikan federal eksekutif departemen yang dipimpin oleh Sekretaris yang merupakan anggota dari Kabinet Amerika Serikat. The many important independent agencies of the United States government created by statutes enacted by the Congress that are exist outside of the federal executive departments but are still part of the executive branch. Yang penting banyak lembaga independen dari pemerintah Amerika Serikat yang diciptakan oleh statutes diundangkan oleh Kongres yang ada di luar eksekutif departemen federal tapi masih bagian dari eksekutif.

Congress has also created some special judicial bodies known as Article I tribunals to handle some areas of administrative law. Kongres juga telah membuat beberapa badan-badan peradilan khusus yang dikenal sebagai Pasal tribunal saya menangani beberapa bidang hukum administrasi.

The actions of executive agencies and independent agencies are the main focus of American administrative law. Tindakan eksekutif dan badan-badan independen yang fokus utama Amerika administratif hukum. In response to the rapid creation of new independent agencies in the early twentieth century (see discussion below), Congress enacted the Administrative Procedure Act (APA) in 1946. Dalam tanggapan yang cepat penciptaan badan-badan independen yang baru pada awal abad kedua puluh (lihat diskusi di bawah), Kongres diundangkan dengan UU Prosedur Administrasi (APA) pada 1946. Many of the independent agencies operate as miniature versions of the tripartite federal government, with the authority to "legislate" (through rulemaking ; see Federal Register and Code of Federal Regulations ), "adjudicate" (through administrative hearings), and to "execute" administrative goals (through agency enforcement personnel). Banyak dari lembaga independen yang beroperasi sebagai miniatur versi dari tiga bagian pemerintah federal, dengan kewenangan untuk membuat undang-undang "(melalui rulemaking; lihat Federal Daftar dan Code of Federal Regulations)," mengadili "(administrasi melalui sidang), dan untuk" menjalankan " administrasi tujuan (melalui badan penegakan personil). Because the United States Constitution sets no limits on this tripartite authority of administrative agencies , Congress enacted the APA to establish fair administrative law procedures to comply with the constitutional requirements of due process . Karena Amerika konstitusi tidak menetapkan batas ini pada tiga bagian kewenangan administratif badan, kongres yang diundangkan APA adil untuk membentuk undang-undang prosedur administrasi untuk mematuhi persyaratan konstitusional karena proses.

A major Supreme Court of the United States decision in the administrative law is Chevron USA, Inc. v. Natural Resources Defense Council, Inc. , 467 US 837 (1984) . Kota Mahkamah Agung Amerika Serikat keputusan dalam administrasi hukum adalah Chevron Indonesia, Inc v. Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, Inc, 467 US 837 (1984).

The American Bar Association 's official journal concerning administrative law is Administrative Law Review . The American Bar Association 's resmi tentang jurnal hukum administrasi adalah Administrasi Hukum Review.

[ edit ] Historical development [Sunting] Sejarah pengembangan

In his book, Administrative Law & Regulatory Policy (3d Ed., 1992) ( Admin. Law & Reg. Policy ), US Supreme Court Justice Stephen Breyer divides the history of administrative law in the United States into six discrete periods: Dalam bukunya, Administrasi Hukum & Regulatory Kebijakan (3d Ed., 1992) (Hukum & Admin. Reg. Policy), Mahkamah Agung AS Justice Stephen Breyer membagi sejarah administrasi hukum di Amerika Serikat dalam periode enam ciri-ciri:

  • English antecedents & the American experience to 1875 Hidup sebelum masa Inggris & Amerika pengalaman ke 1875
  • 1875 - 1930: the rise of regulation & the traditional model of administrative law 1875 - 1930: kebangkitan yang peraturan & tradisional model administrasi hukum
  • The New Deal The New Deal
  • 1945 - 1965: the Administrative Procedure Act & the maturation of the traditional model of administrative law 1945 - 1965: Administrasi Prosedur Undang-Undang & the pematangan dari tradisional model administrasi hukum
  • 1965 - 1985: critique and transformation of the administrative process 1965 - 1985: kritik dan transformasi dari proses administrasi
  • 1985 - ?: retreat or consolidation 1985 -: mundur atau konsolidasi

[ edit ] Administrative law in civil law countries [Sunting] Administrasi hukum di negara-negara hukum perdata

Main article: Administrative court Artikel utama: Administrasi pengadilan

Unlike most Common-law jurisdictions, the majority of civil law jurisdictions have specialized courts or sections to deal with administrative cases which, as a rule, will apply procedural rules specifically designed for such cases and different from that applied in private-law proceedings, such as contract or tort claims. Tidak seperti kebanyakan Common-jurisdiksi hukum, mayoritas hukum perdata yurisdiksi pengadilan atau ada bagian khusus untuk menangani kasus-kasus yang administratif, sebagai sebuah aturan, akan menerapkan peraturan prosedural yang dirancang khusus untuk kasus-kasus seperti itu dan berbeda dari yang diterapkan secara pribadi-proses hukum, seperti sebagai kontrak atau kerugian klaim.

[ edit ] France [Sunting] Perancis

In France , most claims against the national or local governments are handled by administrative courts , which use the Conseil d'État as a court of last resort. Di Perancis, sebagian besar tuntutan terhadap nasional atau pemerintah daerah akan ditangani oleh administrasi pengadilan, yang menggunakan Conseil d'État sebagai pengadilan terakhir.

[ edit ] Germany [Sunting] Jerman

In Germany , the highest administrative court for most matters is the federal administrative court Bundesverwaltungsgericht . Di Jerman, administrasi pengadilan tertinggi untuk hal-hal yang paling administrasi pengadilan federal Bundesverwaltungsgericht. There are federal courts with special jurisdiction in the fields of social security law ( Bundessozialgericht ) and tax law ( Bundesfinanzhof ). Ada federal dengan yurisdiksi khusus di bidang hukum jaminan sosial (Bundessozialgericht) dan pajak hukum (Bundesfinanzhof).

Main article: Judiciary of Germany Artikel utama: Kehakiman Jerman

[ edit ] The Netherlands [Sunting] Belanda

In The Netherlands, administrative law provisions are usually contained in separate laws. Di Belanda, ketentuan hukum administrasi biasanya terpisah dalam undang-undang. There is however a single General Administrative Law Act ("Algemene wet bestuursrecht" or Awb) that applies both to the making of administrative decisions and the judicial review of these decisions in courts. Namun ada satu Undang-Undang Hukum Administrasi Umum ( "Algemene bestuursrecht basah" atau Awb) yang berlaku baik untuk pembuatan keputusan administratif dan yudisial review terhadap keputusan tersebut di pengadilan. On the basis of the Awb, citizens can oppose a decision ('besluit') made by a public body ('bestuursorgaan') within the administration and apply for judicial review in courts if unsuccessful. Berdasarkan AWB, masyarakat dapat menentang keputusan ( 'besluit') yang dibuat oleh badan publik ( 'bestuursorgaan') di dalam administrasi dan berlaku untuk meninjau peradilan di pengadilan jika tidak berhasil.

Unlike France or Germany, there are no special administrative courts of first instance in the Netherlands, but regular courts have an administrative "chamber" which specializes in administrative appeals. Tidak seperti Perancis atau Jerman, tidak ada khusus administrasi pengadilan pertama di Belanda, namun tetap memiliki pengadilan administratif "ruang" yang berspesialisasi dalam administrasi banding. The courts of appeal in administrative cases however are specialized depending on the case, but most administrative appeals end up in the judicial section of the Council of State ( Raad van State ). Dari pengadilan banding dalam administrasi kasus yang khusus namun tergantung pada kasus, tetapi naik banding administratif paling akhir di peradilan bagian Dewan Negara (Raad van State).

In addition to the system described above there is another part of administrative law which is called "administratief beroep" (administrative appeal ). Selain sistem di atas ada satu bagian dari hukum administrasi yang disebut "administratief beroep" (administrasi banding). This procedure is available only if the law on which the primary decision is based specifically provides for it and involves an appeal to a higher ranking administrative body. Prosedur ini hanya tersedia jika hukum yang utama adalah berdasarkan keputusan secara khusus untuk menyediakan dan melibatkan sebuah banding ke peringkat yang lebih tinggi badan administratif. If administrative appeal is available, no appeal to the judicial system may be made. Jika administrasi banding yang tersedia, tidak ada banding terhadap sistem peradilan dapat dilakukan.

[ edit ] Brazil [Sunting] Brazil

In Brazil , unlike most Civil-law jurisdictions, there is no specialized court or section to deal with administrative cases. Di Brazil, tidak seperti kebanyakan Sipil-jurisdiksi hukum, tidak ada pengadilan atau bagian khusus untuk menangani kasus-kasus administratif. In 1998, a constitutional reform, lead by the government of the President Fernando Henrique Cardoso, introduced regulatory agencies as a part of the executive branch. Pada tahun 1998, reformasi yang konstitusional, menguasai pemerintahan Presiden Fernando Henrique Cardoso, peraturan lembaga diperkenalkan sebagai bagian dari eksekutif. Since 1988, Brazilian administrative law has been strongly influenced by the judicial interpretations of the constitutional principles of public administration (art. 37 of Federal Constitution): legality, impersonality, publicity of administrative acts, morality and efficiency. Sejak 1988, Brasil administrasi hukum telah sangat dipengaruhi oleh interpretasi terhadap peradilan konstitusional prinsip administrasi publik (Pasal 37 dari Konstitusi Federal): legalitas, umum, publisitas dari tindakan administratif, moralitas dan efisiensi.

[ edit ] Chile [Sunting] Chili

Main article: Law of Chile Artikel utama: Hukum Chile

The President of the Republic exercises the administrative function, in collaboration with several Ministries or other authorities with ministerial rank . Presiden Republik latihan administrasi fungsi, bekerja sama dengan beberapa departemen atau menteri yang berwenang dengan peringkat. Each Ministry has one or more sub secretaries which perform through public services the actual satisfaction of public needs. Masing-masing Departemen memiliki satu atau lebih sub melalui Sekretaris yang melakukan pelayanan publik yang sebenarnya memuaskan kebutuhan masyarakat.

All Ministries and public services have a body of workers or administrative personnel ( funcionarios públicos ), but with different contractual statutes. Semua Departemen dan pelayanan publik memiliki badan pekerja atau personil administrasi (funcionarios públicos), tetapi berbeda dengan kontrak statutes.

Public entities act through administrative procedures, that is, processes with formal stages where opportunities to deliver evidence and exercise appeals are granted to the citizens. Publik entitas bertindak melalui prosedur administrasi, yaitu dengan proses formal tahap di mana kesempatan untuk menyampaikan bukti dan latihan naik banding yang diberikan kepada masyarakat. The recent basic law of administrative procedures deals with most of the general matters pertaining the administrative procedures of all public entities. Dasar hukum yang baru yang berurusan dengan prosedur administrasi yang paling umum hal-hal yang terkait prosedur administrasi semua badan publik.

There is no specialized court to deal with actions against the Administrative entities, but the civil courts have jurisdiction over all matter that are not in the scope of other court, such as public liability and the overturn of single administrative acts. Tidak ada pengadilan khusus untuk menangani tindakan terhadap Administrasi entitas, tetapi pengadilan sipil memiliki yurisdiksi atas segala hal yang tidak dalam lingkup pengadilan lainnya, seperti tanggung jawab publik dan menjungkirbalikkan satu tindakan administratif.

[ edit ] See also [Sunting] Lihat juga

[ edit ] Further reading [Sunting] Lebih lanjut membaca

  • Davis, Kenneth Culp (1975). Administrative Law and Government . Davis, Kenneth Culp (1975). Administrasi Hukum dan Pemerintahan. St. Paul, MN: West Publishing. St Paul, MN: West Publishing.

No comments:

Post a Comment